Pokok Bahasan Sosiologi

Posted on

Sosiologi adalah mata pelajaran yang ada di bangku SMA. Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang hubungan antara manusia dengan manusia dan juga berhubungan dengan masyarakat.

Sosiologi sendiri menurut pengertian etimologi berasal dari bahasa latin yakni socius dan juga logos. Socius yang berarti kawan dan juga logos yang berarti ilmu atau dapat diartikan yakni ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hubungan persahabatan atau dalam hal ini yang berhubungan dengan masyarakat umum.

Masyarakat sendiri ialah sekelompok individu yang hidup bersama yang memiliki hubungan, kepentingan dan juga budaya yang sama antara satu individu dan juga individu yang lainnya.

Maka ilmu sosiologi ini bertujuan untuk mempelajari suatu masyarakat, perilaku suatu masyarakat kebanyakan, dan perilaku sosial manusia yang ada di masyarakat dengan mengamati seperti apa yang kelompok yang sedang dibangun oleh beberapa orang tersebut.

Sosiologi merupakan suatu ilmu sehingga ilmu ini biasanya tersusun dari pemikiran-pemikiran yang ilmiah, dapat diukur dan juga dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dikontrol secara kritis dan menyeluruh oleh masyarakat umum.

PELAJARI:  Pengertian Perubahan Sosial

Biasanya kelompok dalam suatu ilmu sosiologi terdiri dari keluarga, suku bangsa, negara dan berbagai organisasi politik, ekonomi serta sosial.

Ilmu sosiologi seperti halnya ilmu yang lainnya memiliki beberapa pokok bahasan, diantaranya adalah fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis dan juga realitas sosial.

Fakta sosial

Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir dan juga berperasaan yang biasanya berada di luar suatu individu dan sifatnya memaksa dan menjadikan suatu keharusan. Contohnya adalah ketika seseorang berkendara di jalan raya, orang tersebut harus patuh terhadap aturan yang telah dibuat. Nah, peraturan di jalan raya tersebut termasuk dalam fakta sosial, karena peraturan tersebut bersifat mengikat dan juga berada diluar individu.

Tindakan sosial

Tindakan sosial Sebuah tindakan yang biasanya dengan mempertimbangkan perilaku yang dilakukan oleh orang lain. Sebagai contohnya ialah seseorang yang mengoleksi burung berkicau untuk dinikmati sendiri merupakan suatu kesenangan diri sendiri. Tapi hal ini berbeda keadaannya ketika orang tersebut mengikutsertakan burung berkicaunya untuk sebuah kompetisi kicau mania, maka hal ini bisa disebut dengan tindakan sosial.

PELAJARI:  Sejarah Perkembangan Filsafat dari Zaman Pra Yunani Kuno Hingga Zaman Kegelapan

Khayalan sosiologis

Khayalan sosiologis adalah sebuah cara untuk memahami apa yang terjadi dalam masyarakat umum maupun apa yang ada dalam diri manusia. Alat untuk melakukan suatu khayalan sosiologis adalah permasalahan dan juga isu. Contohnya adalah ketika ada dalam satu wilayah hanya ada satu orang yang mengalami gangguan jiwa maka ini termasuk dalam permasalahan pribadi, dan pemecahan masalahnya adalah dengan mengundang psikiater ataupun memasukkan individu tersebut ke rumah sakit jiwa. Tetapi apabila hampir semua penduduk suatu wilayah mengalami gangguan kejiwaan maka hal ini sudah termasuk isu dan untuk pemecahan masalahnya membutuhkan suatu kajian keilmuan yang lebih luas lagi.

Realitas sosial

Realitas sosial dalam sosiologi adalah pengungkapan suatu tabir menjadi sebuah realitas yang tidak terduga oleh seorang sosiolog dengan mengikuti suatu aturan ilmiah dan melakukan pembuktian secara ilmiah juga dengan cara mengendalikan prasangka pribadi dan suatu pengamatan secara jeli serta biasanya juga menghindari penilaian secara normatif.

PELAJARI:  Arti Penting Lembaga Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat

Nah, demikianlah pengertian sosiologi secara umum dan juga pokok bahasan sosiologi. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.