Manfaat Tumbuhan untuk Manusia Hewan dan Lingkungan

Sangat jelas fakta menyebutkan bahwa beberapa jenis tanaman mempunyai peranan cukup penting untuk kelangsungan kehidupan seluruh penghuni di muka bumi ini.

 

Apakah pernah anda berpikir dan membayangkan jika di dunia ini tidak ada tetanaman ? Tentu saja menjadi hal yang mengerikan bukan?

Melalui artikel kami kali ini akan memberikan pembahasan tentang manfaat atau kegunaan dari tetanaman untuk kelangsungan hidup manusia dan makhluk – makhluk lainnya di bumi.

Beberapa isu penting yang berhubungan dengan pemanasan global menjadi alasan utama mengapa tetanaman itu keberadaannya sangat penting di muka bumi ini.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa manfaat dari tumbuhan untuk kelangsungan hidup manusia dan yang lainnya di bumi, silahkan disimak penjelasannya:

1. Sebagai pembersih udara

Tanaman mampu menyerap gas karbondioksida di sekitarnya serta melenyapkan berbagai polusi di udara. Di samping itu tanaman merupakan salah satu produsen oksigen sehingga mampu menyumbangkan manfaat oksigen ke udara yang menyebabkan udara menjadi lebih bersih.

Apalagi saat ini di kota – kota besar banyak ditemukan polusi udara yang sudah sangat mengkhawatirkan contohnya adalah polusi dari pabrik, kendaraan bermotor, gas jahat seperti nitrogen, ammonia, karbondioksida, ozon, atau sulfur dioksida dan asap rokok.

Pepohonan yang rindang mampu menyaring debu dan kotoran yang betebaran di udara.

2. Sumber bahan pangan

Manfaat utama tumbuhan untuk manusia adalah sebagai salah satu bahan pangan juga untuk hewan. Tanaman yang dimaksudkan di sini adalah sumber manfaat karbohidrat, protein, vitamin, serat, lemak, serta senyawa lainnya yang berguna untuk kelangsungan kehidupan manusia dan hewan.

BACA:  Sejarah dan Klasifikasi pada Rokok

Beragam zat yang terdapat di dalam tanaman mampu menyumbangkan energi dengan penyediaan berbagai asupan gizi serta nutrisi guna membantu membuat tubuh manusia dan hewan tetap sehat dan bugar.

Tanaman mempunyai beberapa bagian yang bisa digunakan sebagai bahan pangan diantaranya adalah dedaunan, batang dan akar, buah dan bunganya.

Seperti pada tanaman kelapa yang dapat dimanfaatkan semua bagian tubuh beserta buahnya sangat bermanfaat untuk kebugaran tubuh manusia.

3. Memberikan kesejukan udara

Manfaat umum dari tumbuhan adalah dapat menyejukkan udara. Penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa daerah yang memiliki kondisi cuaca cukup panas namun bisa berubah menjadi sejuk secara bertahap apabila ditanami dengan tetumbuhan.

Hal ini menyebabkan daerah tersebut ke masa depannya menjadi lebih asri. Karena erat hubungannya dengan oksigen yang dihasilkan oleh tetanaman yang sedang dikembangkan adalah sebagai hasil dari fotosintesis.

Udara yang terkontaminasi dengan adanya polusi akan digantikan dengan udara segar dengan kondisi lingkungan yang di sekitarnya ditumbuhi banyak pepohonan.

4. Sebagai bahan material bangunan

Tumbuhan dengan batang besar yang kokoh bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dengan diambil kayunya saja.

Dikenal ada beberapa jenis kayu dari tanaman tertentu yang memiliki kekuatan sangat kokoh sehingga biasa digunakan untuk bahan bangunan antara lain manfaat kayu jati, sengon, kayu mahoni, albasia, dan lain sebagainya.

Bahan bangunan kayu tersebut biasa dimanfaatkan sebagai perabotan seperti kursi, lemari, meja, dan lain sebagainya.

5. Penambah nilai – nilai estetika

Manfaat lain dari tumbuhan untuk lingkungan adalah biasa dipakai sebagai penambah nilai estetika yaitu berupa tanaman hias.

BACA:  Akar dan Macamnya

Saat ini sudah banyak ditemukan jenis tanaman yang menyimpan bunga indah nan menawan dengan warna – warni cantik sehingga menyebabkan orang suka memandangnya lebih betah.

6. Sebagai obat – obatan

Beberapa jenis tanaman biasa dikelompokkan sebagai tanaman obat yang bersifat tradisional maupun dicampur dengan bahan – bahan kimia.

Sekarang ini sudah banyak orang yang cenderung memakai tanaman sebagai salah satu bahan obat herbal karena bersifat lebih aman terhadap kesehatan dari beberapa organ tubuh manusia serta tidak menimbulkan efek samping.

Beberapa bagian pada tetanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai obat antara lain sebagai berikut :

  • Biji – bijian umum dimanfaatkan sebagai obat seperti biji pada tanaman pala, pinang, jarak, kemiri, anggur, dan lain sebagainya.
  • Bunga – bungaan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman hias rumah namun saat ini banyak perusahaan obat memanfaatkan bunga tanaman sebagai obat antara lain bunga kamboja Bali, bunga pacar air, bunga cempaka, mawar, melati, kaca piring, kembang sepatu, kenop, jengger ayam dan lain sebagainya.
  • Bagian batang tanaman biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal diantaranya adalah batang pohon kamboja Bali, pohon pulasari, kayu manis dan dadap sari.
  • Dedaunan tanaman biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit antara lain sebagai berikut manfaat daun pepaya, daun salam, daun sirih dan daun jambu biji.
  • Akar dari tetanaman juga berkhasiat sebagai obat tradisional misalnya adalah manfaat jahe, temulawak, kunyit, kencur dan lain sebagainya.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang beberapa manfaat tumbuhan untuk manusia, hewan dan lingkungan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.