Pengertian Masalah Ekonomi dan Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Posted on

Setiap manusia memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan juga kenyataan. Mungkin harapan yang diinginkan itu banyak dan juga beragam tapi kenyataan yang dialami tidak seperti yang diharapkan.

Misalnya seperti ini ada seseorang yang sangat menginginkan untuk memiliki sepeda motor, tapi uang yang dimiliki tidak memakai maka impian itupun pupus seiring ketidakmampuan untuk mewujudkan impian maupun harapan tersebut. Hal tersebut yang mungkin nantinya akan menimbulkan masalah.

Pengertian Masalah Ekonomi

Mengenai masalah ekonomi sendiri, masalah ekonomi adalah masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan juga dengan masalah ekonomi, misalnya seperti masalah jual-beli, tawar-menawar maupun masalah ekspor dan import.

Kebutuhan manusia itu tidak terbatas, biasanya kebutuhan itu tumbul karena adanya tuntutan secara fisik maupun secara psikis agar hidup layak sebagai seorang manusia yang akhirnya mengakibatkan kebutuhan manusia itu tidak terbatas dan juga sering tidak terpuaskan.

PELAJARI:  Pengertian Monopolistik, Kelebihan Dan Kelemahannya

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas tersebut biasanya disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya faktor sikap manusia yang tak pernah ada puasnya, tingkat pendapatan yang berbeda antara satu individu dengan individu yang lainnya, lingkungan alam, lingkungan sosial, kemajuan tekhnologi informasi, agama dan kepercayaan, akulturasi budaya dan juga perdagangan internasional.

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia itu dapat dibagi menjadi beberapa kebutuhan yakni kebutuhan menurut intensitas kegunaan, kebutuhan menurut waktu, kebutuhan menurut sifat dan juga kebutuhan menurut subjek.

Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya

Kebutuhan menurut intensitas kegunaan dibagi lagi menjadi tiga yakni kebutuhan primer, sekunder dan tertier.

  • Kebutuhan primer adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia, karena kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup manusia itu sendiri.
  • Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang penting, namun bila tidak dipenuhi tidak akan mengganggu kelangsungan hidupnya.
  • Kebutuhan tertier adalah kebutuhan akan barang mewah.
PELAJARI:  Wajib Pajak Luar Negeri

Kebutuhan Menurut Waktunya

Kebutuhan menurut waktu dibagi menjadi dua yakni kebutuhan untuk sekarang ataupun saat ini dan kebutuhan di masa depan.

Kebutuhan Menurut Sifatnya

Kebutuhan menurut sifatnya dibagi menjadi dua yakni kebutuhan jasmaniah dan juga kebutuhan rohaniah. Kebutuhan jasmaniah adalah kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani maupun badan, misalnya makan, tidur maupun olahraga. Sedangkan kebutuhan rohaniah adalah kebutuhan yang bersifat rohani, berhubungan dengan jiwa manusia, misalnya beribadah.

Kebutuhan Menurut Subjeknya

Kebutuhan menurut subjek dibagi menjadi dua yakni kebutuhan individual dan juga kebutuhan kolektif maupun bersama. Kebutuhan individual mengacu pada kebutuhan setiap orang secara pribadi (personal), dan kebutuhan kolektif mengacu pada kebutuhan sekelompok orang secara bersama-sama.

PELAJARI:  Pengertian dan Contoh Alur Kegiatan Perekonomian Subsisten

***

Nah, demikianlah informasi mengenai masalah ekonomi dan aneka kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.