Apa Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan?

Seringkali banyak orang yang kurang tepat dalam membicarakan atau membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan. Kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda dan ciri yang tidak sama. Pertumbuhan dan perkembangan memang dialami oleh makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Dengan membaca artikel berikut, kamu bisa membedakan pertumbuhan dan perkembangan dengan lebih baik.

Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran meliputi volume, tinggi, maupun massa dari makhluk hidup. Proses pertumbuhan makhluk hidup bersifat kuantitatif sehingga bisa dihitung atau digambarkan melalui bilangan. Hal tersebut tentu juga mudah dilihat perbedaannya melalui fisiknya.

Sifat dari pertumbuhan makhluk hidup memang tidak dapat terulang atau irreversible. Pertumbuhan akan terjadi terus menerus akan tetapi dibatasi oleh usia. Proses dari pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh pembelahan sel.

PELAJARI JUGA:  Ilmu Persilangan dalam Kehidupan

Perkembangan

Perkembangan merupakan suatu proses yang dialami oleh semua makhluk hidup baik manusia, hewan, maupun tumbuhan ketika hidup. Proses perkembangan makhluk hidup memiliki sifat kualitatif sehingga tidak akan bisa diukur dengan angka. Makhluk hidup berkembang secara fisiologis dan prosesnya tidak ada batasan usia.

Perkembangan makhluk hidup memiliki sifat reversible atau dapat terulang. Proses tersebut sangat dipengaruhi dengan pengalaman. Oleh karena itu proses perkembangan tersebut berpengaruh dengan tingkat kedewasaan seseorang.

Perkembangan hewan dan tumbuhan memang berbeda dengan manusia. Namun bisa dilihat dari kematangan dari hewan atau tumbuhan tersebut. Kamu bisa mengamati hewan dan tumbuhan disekitar.

Kesimpulan

Petumbuhan dan perkembangan dialami oleh semua makhluk hidup seperti manusia, hewan,  dan tumbuhan. Pertumbuhan memiliki sifat kuantitatif sedangkan perkembangan sifatnya kualitatif. Kedua proses tersebut dipengaruhi oleh nutrisi, genetik, hormon, dan lingkungan sekitar.