Apa yang dimaksud dengan Karakter?

Posted on

Seringkali pengucapan kata karakter terbalik dengan kata nilai, padahal kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Karakter, pengertian dari karakter sendiri menurut beberapa tokoh dan pendapat dapat dilihat seperti dibawah ini, diantaranya:

Menurut Pusat Bahasa Depdiknas

Karakter ialah bahwaan, hati, jiwa kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, tempramen, watak.

Menurut Bahasa Yunani

Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” atau menandai dan memfokuskan bagaiman cara mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus, dan perilaku jelek lainnya dikatakan orang berkarakter jelek sedangkan orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral dapat disebut berkarakter mulia.

PELAJARI:  Asas Pembentukan Peraturan Perundang-undangan

Menurut Kamisa

Kamisa, (1997: 281) mengungkapkan bahwa karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak, mempunyai kepribadian.

Sehingga dari beberapa pendapat diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan, bahwa karakter merupakan cerminan dari sifat-sifat, ciri tabiat yang dimiliki seseorang yang membedakan dirinya dengan individu lain. Yang mana karakter ini dapat berupa karakter positif atau baik dan karakter negatip atau buruk. Karakter yang dimiliki oleh seorang individu bisa dirubah, dibentuk dan diarahkan.