Bukti-bukti adanya Pengaruh Globalisasi

Posted on

Tidak dipungkiri bahwa arus globalisasi yang telah melanda Indonesia dan  dampaknya sudah terasa dalam kehidupan sehari-hari. Sudah banyak orang yang memanfaatkan handphone, komputer, mobil, baju dan makanan yang sejenis dengan masyarakat di berbagai negara lain yang merupakan bukti adanya dampak globalisasi terhadap kehidupan masyarakat. Hal tersebut  membuktikan bahwa seolah-olah tidak ada lagi batas antara negara satu dengan negara lainnya. Berikut ini beberapa bukti dari dampak globalisasi yang ada, simak pembahasan berikut ini.

Media Cetak dan Elektronik

Saat ini media cetak maupun media elektonik berkembang sangat pesat dan makin inovatif. Adanya media cetak dan elektronik maka produsen makin mudah dalam memberikan informasi suatu produk kepada konsumen. Contoh media cetak antara lain seperti surat kabar, majalah, tabloid, selebaran iklan, dan lain-lain. Sedangkan contoh dari media elektronik antara lain seperti televisi, radio, dan internet.

PELAJARI:  Keanekaragaman Kenampakan Alam Daratan

Pariwisata

Pariwisata merupakan salah satu dari dampak yang timbul dari arus globalisasi. Dengan  gencarnya informasi tentang pariwisata melalui beberapa teknologi komunikasi maka akan makin tereksposnya wisata Indonesia ke kancah dunia. Wisatawan mancanegara mulai  banyak berdatangan untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Indonesia. Para wisatawan mancanegara yang berdatangan ke Indonesia akan  memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat dan negara.

Migrasi

Migrasi merupakan dampak globalisasi yang ditandai dengan adanya perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain. Penduduk yang bermigrasi biasanya ingin memperoleh pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik di tempat lain hingga akhirnya menetap. Selain itu juga untuk keperluan belajar atau bisnis. Perpindahan penduduk tersebut lebih mudah karena ditunjang dengan kemudahan teknologi transportasi yang makin maju.

PELAJARI:  Benda-benda Isolator dan Konduktor

Telekomunikasi

Kemudahan untuk bertukar informasi sudah banyak dirasakan oleh masyarakat di Indonesia. Adanya teknologi internet, mengenal teleconfrence yang memungkinkan seseorang yang saling berjauhan bisa tetap bertatap muka. Perkembangan teknologi dengan satelit tentu memberikan peran berarti untuk kemajuan telekomunikasi.