Bentuk Adaptasi Paruh dan Kaki pada Unggas

Posted on

Apakah kamu sering mangamati bentuk paruh dan kaki pada unggas? Apakah memiliki bentuk yang sama? Bentuk paruh dan kaki unggas beraneka ragam. Keanekaragaman bentuk paruh unggas sesuai dengan makanannya. Sedangkan, bentuk kaki ini menunjukkan penyesuaian dengan lingkungannya. Adapun bentuk-bentuk paruh dan kaki unggas, antara lain seperti:

Macam-macam bentuk paruh unggas

  • Burung pipit

Paruh burung pipit berbentuk kecil, pendek dan runcing. Bentuk paruh burung pipit tersebut disesuaikan dengan jenis makanannya yaitu biji-bijian.

  • Burung elang

Paruh burung elang berbentuk lebar. Paruh burung elang bagian atas lebih panjang, ujung melengkung, runcing, dan kuat. Hal tersebut sangat berguna untuk mengoyak tubuh mangsanya seperti ular, kelinci, tikus, dan katak.

  • Burung pelikan
PELAJARI:  Tokoh-tokoh pada Zaman Hindhu-Budha

Burung pelikan memiliki bentuk paruh yang besar, lebar, ada kantung di paruh bagian bawah, serta ujung paruh tumpul. Kantung di bagian paruh tersebut memiliki fungsi untuk menciduk ikan dari air.

  • Burung bangau

Paruh burung bangau berbentuk panjang, meruncing, serta memiliki kantung di paruh bagian bawah. Bentuk paruh tersebut memiliki fungsi untuk menangkap ikan.

  • Burung kolibri

Burung kolibri memiliki paruh yang berbentuk panjang, melengkung, ramping, dan runcing. Burung kolibri menghisap madu dari bunga menggunakan paruh tersebut.

Macam-macam bentuk kaki unggas

Perlu kamu ketahui bahwa unggas beradaptasi tidak hanya pada bagian paruhnya saja akan tetapi juga pada bentuk kakinya. Bentuk kaki burung juga bermacam-macam dan setiap hewan memiliki bentuk kaki yang berbeda. Bentuk-bentuk kaki burung yang berbeda ternyata menyesuaikan dengan fungsinya. Nah, berikut ini contoh bentuk-bentuk kaki burung, antara lain seperti:

  • Ayam Bentuk
PELAJARI:  Inilah Lapisan Bumi yang Perlu Kamu Ketahui

Kaki ayam memiliki kuku dan jalu pada bagian atas telapak kaki. Kaki ayam yang kokoh tersebut berfungsi untuk mengais mencari makanan. Kuku jalu yang terdapat pada bagian atas telapak kaki dipakai untuk senjata saat bertarung.

  • Burung elang

Burung elang memiliki bentuk kaki yang besar, kuat, dan kokoh. Selain itu, burung elang juga memiliki kuku yang panjang, tajam, serta ujung kukunya melengkung. Kaki elang tersebut berguna untuk memegang dan mencengkeram mangsa.

  • Burung rajawali

Burung rajawali memiliki kaki yang lebih besar daripada kaki burung elang. Kaki rajawali tersebut kokoh, kuat, tajam, kukunya panjang serta runcing dengan ujung melengkung. Kegunaan dari kaki burung rajawali untuk memegang dan mencengkeram mangsa

  • Burung pelatuk
PELAJARI:  Pengertian, Dampak Positif, dan Negatif MEA

Kaki burung pelatuk bentuknya ramping dan berkuku panjang melengkung. Bentuk kaki burung pelatuk tersebut berguna untuk memanjat.

  • Bebek

Kaki bebek memiliki bentuk pendek dan berselaput. Selaput tersebut terdapat di antara sela-sela jari yang berfungsi untuk berenang.