Bagian-bagian Bunga yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Bunga juga termasuk bagian tumbuhan yang akan menjadi buah. Bunga memiliki bagian-bagian seperti kelopak bunga, mahkota, benang sari, putik, dan tangkai bunga.

Kelopak bunga

Kelopak bunga merupakan salah satu bagian bunga yang membungkus mahkota sebelum bunga mekar. Kelopak bunga memiliki fungsi untuk  melindungi bunga ketika masih kuncup. Biasanya,  kelopak bunga memiliki warna hijau.

Mahkota

Mahkota merupakan bagian bunga yang paling menonjol dan marik karna biasanya berwarna-warni. Warna dari mahkota bunga yang menarik tersebut akan membuat kumbang menjadi tertarik untuk mengisap madu bunga. Namun, ada beberapa tumbuhan yang memiliki mahkota bunga yang  tidak berwarna misalnya seperti bunga rumput dan kelapa.

PELAJARI:  Penyakit dan Gangguan Pernapasan pada Manusia

Benang sari

Benang sari adalah alat kelamin jantan yang biasanya terletak di bagian tengah bunga. Sebagian bunga hanya memiliki benang sari saja sering disebut dengan bunga jantan.

Putik

Putik merupakan bagian dari bunga yang terletak di bagian tengah bunga. Ukuran putik biasanya lebih besar dari ukuran benang sari. Pada bunga, putik merupakan alat kelamin betina. Apabila bunga hanya memiliki putik saja maka dapat disebut  sebagai bunga betina.

Tangkai bunga

Tangkai bunga memiliki fungsi sebagai tempat duduknya bunga. Tangkai bunga tersebut akan menghubungkan bunga dengan batang.