Agar Pergelaran dan Pertunjukan dapat Berjalan dengan Baik

Posted on

Setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang tentu harus bersifat management. Pergelaran dan pertunjukan merupakan kegitan yang melibatkan banyak orang. Disini kami sebutkan management yaitu kumpulan orang- orang yang melakukan suatu kegiatan dalam mengurus operasional pergelaran atau pertunjukan yang dipimpin oleh produser. Di sekolah biasanya dipimpin oleh ketua panitia atau oleh Kepala Sekolah.

Bagian ini mengurusi tentang memeroleh dana dan cara penggunaannya seta mempersiapkan keperluan- keperluan penyelenggaraan pergelaran, seperti; perijinan, tempat pergelaran, perlengkapan- perlengkapan pergelaran, konsumsi, transportasi akomodasi, dan penonton. Bagian yang berlangsung dengan kegiatan seni yaitu kumpulan orang- orang yang melakukan suatu kegiatan khusus sesuai dengan tugasnya masing- masing seperti; pemain, pelatih, piñata cahaya, penata suara, penata rias dan sebagainya yang dipimpin oleh seorang sutradara

Langkah- langkah persiapan dalam penyelenggaraan pergelaran yaitu pengorganisasian pergelaran, menentukan tema, sasaran, materi sajian, serta artis, pelaksanaan latihan Evaluasi latihan pergelaran, menyiapkan sarana pergelaran, gladi resik dan melaksanakan pergelaran.

PELAJARI:  Seni Musik dan Unsur yang Menyusunnya

Perorganisasian Pergelaran

Maksudnya adalah dalam sebuah pergelaran ada perorganisasiannya dalam kata lain kepengurusan kepanitiaan. Karena itu merupakan sarana komunikasi untuk mengatur dan mengarahkan semua potensi demi mencapai tujuan atau sasaran pergelaran.

Perorganisasian disekolah dapat menggunakan cara:

Penanggung jawab : Kepala Sekolah
Koordinator Pergelaran : Guru muatan lokal kesenian
Ketua Pelaksana : Ketua OSIS
Wakil Ketua : Wakil ketua OSIS
Sekertaris : Siswa
Bendahara : Siswa

Seksi-seksi
Seksi sarana dan prasarana
Seksi latihan
eksi konsumsi

Menentukan Tema, Sasaran, Materi Sajian, serta Artis

Dalam suatu pergelaran kita harus menentukan tema dan sasaran atau tujuan serta materi sajian. Untuk menentuakan tema kita harus menentukan tujuan dan sasaran terlebih dahulu. Apabila sasaran dan tema telah ditentukan, maka kita dapat menyusun materi sajian yang akan ditampilkan.

PELAJARI:  Musik yang Berkembang Pada Zaman Pertengahan

Pelaksanaan Latihan

Dalam pelaksanaan latihan sangat diutamakan rasa tanggung jawab, sungguh-sungguh, serius, dan tepat waktu. Hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan pergelaran.

Evaluasi Latihan

Bertujuan untuk mengukur kesiapan dalam pergelaran apabila belum siap pentas, maka kita dapat mengintensifkan latihan dengan menambah waktu latihan.

Menyiapkan Sarana Pergelaran

Agar penyelenggara pergelaran dapat terlaksanakan dengan baik maka sarana yang perlu di cek terlebih dahulu.

Gladi Resik

Adalah latihan terakhir yang biasanya dilaksanakan ditempat pergelaran, seolah-olah benar-benar sedang melaksanakan pergelaran. Hal ini bertujuan agar pemain dapat menguasai pentas.

Melaksanakan Pagelaran

Sesuai langkah-langkah dalam pagelaran kita terlebih dahulu harus menyusun kepengurusan pagelaran

  • Penanggung jawab: Kepala Sekolah
  • Koordinator Pergelaran: Guru muatan lokal kesenian
  • Ketua Pelaksana: Ketua OSIS
  • Wakil Ketua: Wakil ketua OSIS
  • Sekertaris: Siswa
  • Bendahara: Siswa
  • Seksi-seksi: Seksi sarana dan prasarana, seksi latihan, seksi konsumsi